Profil Puskesmas

VISI

Menjadi puskesmas yang mampu memberikan pelayanan prima di bidang kesehatan.

MISI

1. Memberikan Pelayanan yang bermutu,merata dan terjangkau bagi seluruh

lapisan masyarakat

2.  Meningkatkan profesionalisme petugas

3.  Mengembangkan kerjasama dengan unsur-unsur terkait dibidang

kesehatan di wilayah.

4.  Meningkatkan kesejahteraan karyawan dan karyawati.

STRATEGI :

  • Ø Mempunyai kebijakan mutu
  • Ø Meningkatkan proposionalisme petugas
  • Ø Menetapkan standar oprasional prosedur puskesmas yang mengacu pada protap dan sendi-sendi pelayanan prima (PK, IK,  Sasaran Mutu)
  • Ø Memberikan KIE PHBS
  • Ø Meningkatkan koordinasi dengan lintas sektoral atau unsur-unsur terkait

KEBIJAKAN MUTU :

Kami memiliki komitmen untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas sesuai standar yang ditetapkan serta bertekad senantiasa meningkatkan kepatuhan petugas sesuai standar prosedur yang disusun berdasarkan referensi.

INDIKATOR :

1. Sasaran Mutu Puskesmas Umbulharjo II

2. Sasaran mutu masing-masing poli/bagian pelayanan.

TUJUAN PEMBANGUNAN KESEHATAN

Tujuan pembangunan kesehatan yang dilaksanakan oleh puskesmas adalah mendukung tercapainya tujuan pembangunan kesehatan nasional yakni meningkatkan kesadaran,kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang yang bertempat tinggal di wilayah kerja puskesmas agar terwujud derajat kesehatan yang  optimal dalam rangka mewujudkan Indonesia Sehat 2010

FUNGSI PUSKESMAS

(Kep.  Menkes RI No 128/Menkes/SK/II/th  2004 ada 3 Fungsi Puskesmas )

1)   Pusat Penggerak Pembangunan Berwawasan  Kesehatan

2)   Pusat Pemberdayaan Masyarakat

3)   Pusat Pelayanan Kesehatan Strata Pertama, meliputi :

a.   Pelayanan Kesehatan Perorangan.

b.   Pelayanan Kesehatan Masyarakat.

Untuk membantu jalannya  kegiatan Program Kesehatan di Puskesmas Umbulharjo II mempunyai beberapa Tim  yaitu :

  • Tim DOTS untuk memantau  jalannya Program Tuberkulosis (TBC)
  • Tim Pemantauan Status Gizi (PSG) memantau jalannya program gizi
  • Tim Monitoring Training  Plaining. (Tim MTP ) untuk memantau

Rasionalisasi  Pengobatan.

Untuk membantu jalannya sestim manajemen mutu mempunyai  5  Tim yaitu

antara lain :

  1. Tim Jaga Mutu ( TJM )
  2. Tim Kepuasan Pelanggan
  3. Tim Audit Internal
  4. Tim Pengelola Barang = Barang Medis & Non Medis
  5. Tim Pengelola Askeskin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: